Senin, 26 September 2016

Use Case Diagram ATM Mandiri

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Use Case Diagram pada Mesin ATM bank Mandiri. Tampilan yang ada pada mesin ATM Mandiri kurang lebih seperti dibawah ini :
Menu Utama ATM Mandiri

Menu Transaksi Lainnya ATM Mandiri

Dari gambar diatas maka saya membuat Use Case Diagram seperti gambar dibawah ini

Operator
1. Sistem Nyala
Hal yang pertama kali dilakukan adalah operator menyalakan mesin ATM sehingga bisa digunakan oleh banyak orang. Ketika mesin menyala pertama kali, mesin akan meminta data ke operator berapakah uang yang ada pada atm tersebut. Setelah mendapat data dari operator, maka mesin atm mengirim data tersebut ke jaringan pusat bank. Setelah itu mesin ATM siap digunakan.


2. Sistem Mati
Ketika operator menjalankan perintah mati/ shutdown maka mesin akan melakukan proses shutdown serta mematikan koneksi ke jaringan bank pusat.


Customer
1. Masukan PIN
Ketika kartu dimasukan ke mesin ATM maka pertama kali yang muncul dilayar adalah verifikasi PIN customer. Setelah memasukkan PIN maka customer/nasabah akan mendapat session pada mesin ATM.


2. Session - Transaction
Ketika session telah berhasil dibuat, maka proses selanjutnya adalah pemilihan transaksi. Halaman yang muncul pada mesin atm adalah seperti gambar menu utama diatas. Pilihan transaksi sesuai kebutuhan nasabah.

3. Penarikan
Penarikan uang pada atm bisa menginputkan sesuai keinginan, namun harus dengan kelipatan pecahan uang yang ada dalam atm. Setelah memasukan jumlah penarikan dan dinyatakan valid untuk penarikan, maka selanjutnya mesin atm melihat saldo yang dimiliki nasabah pada jaringan bank. Jika sampai tahap pengecekan saldo dinyatakan valid, maka mesin ATM akan mengeluarkan uang sesuai jumlah yang sudah diinputkan tadi.


4. Bayar/ Beli
Menu bayar/beli disini adalah untuk membeli voucher pulsa ataupun membayar tagihan listrik misalnya. Tidak hanya 2 diatas, namun banyak sekali hal yang bisa dibayar pada menu Bayar/Beli ini. Sebagai contoh pembelian pulsa, pertama anda akan diminta nominal yang akan dibeli, lalu anda juga diminta nomor tujuan pengiriman pulsa. Setelah itu bank akan memproses pembelian, jika saldo cukup maka pembelian akan dilakukan dan pulsa akan masuk pada nomor tujuan.

5. Mandiri Prabayar
Mandiri prabayar disini adalah menu untuk nasabah dimana pada menu ini nasabah bisa membeli/mengisi ulang kartu prabayar dari mandiri seperti e-toll card. E-toll card ini digunakan untuk membayar toll fee secara otomatis tanpa mengeluarkan uang fisik.

6. Informasi Saldo
Nasabah bisa mendapatkan informasi saldo mereka pada ATM. Prosesnya, ketika nasabah masuk ke menu ini maka ATM akan meminta data pada jaringan bank pusat, setelah mendapatkan informasi nasabah tersebut maka ATM akan langsung memunculkannya di layar mesin.


7. Pendaftaran e-Banking
Proses pendaftarang e-banking pada atm mandiri adalah mesin akan meminta nasabah untuk membuat kode unik. Setelah memasukan kode unik maka mesin atm akan mengirim data ke jaringan bank pusat untuk didaftarkan e-banking. Setelah sukses maka mesin akan mengeluarkan receipt pendaftaran e-banking yang digunakan untuk proses selanjutnya.

8. Transfer
Transfer dapat dilakukan pada mesin atm. Pada proses ini awalnya nasabah akan diminta untuk memasukan nomor rekening tujuan transfer. Selanjutnya akan diminta jumlah uang yang ingin ditransfer. Setelah kedua proses ini, maka atm akan memverifikasi jumlah saldo, jika saldo memenuhi maka uang akan ditransfer dan saldo nasabah pengirim dikurangi dan saldo penerima akan ditambah.


Referensi :
http://math-cs.gordon.edu/courses/cs211/ATMExample/UseCases.html

Trastian Satria Wibowo
5114100016
PPL E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar